Kala pulang kampung menjadi sebuah keseringan

SUGENG RAWUH

Super Favorite

“Dan Allah menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan, dan Dia mengampuni kamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al Hadid : 28)

Saturday, July 21, 2012

Dandhangan


Yyiiiippiii..... sudah hampir sepekan lamanya diriku berada di kota tercinta, Kudus. Tapi belum banyak tempat di Kudus yang kusinggahi. kebanyakan waktuku masih ku gunakan buat ngedongkrok di rumah, hhe. Paling cuma pergi sama bapak doang, kalo gak gitu sama adek atau mbak2 sepupu aja (kayaknya dari uraianku kata cuma, doang dan aja udah gak berlaku deh (*゚▽゚*) ).
Well, dari beberapa hal yang lagi booming saat ini di Kudus salah satunya adalah tradisi dandhangan. Yaapp.. jangan ngaku wong Kudus kalo gak tau apa itu dandhangan. Hehehe. Bagi yang bukan orang Kudus, tenaaaang... tarik nafas.. gak usah galau, apalagi ngabur gak jadi baca postingan ini, stay cool bro and sist.. Lina yang baik hati akan menjelaskan sekilas tentang dandhangan.


Dandhangan, merupakan salah satu tradisi warisan leluhur masyarakat Kudus. Kalo di semarang, saya dengar namanya dugderan (cmiiw). Tradisi ini biasanya diselenggarakan kurang lebih 1 bulan sebelum puasa ramadhan. Nah, acara di dandhangan itu sendiri semacam pasar malem yang berada di sekitar pasar jember hingga sepanjang jalan sunan muria, yaaa kurang lebih mencapai 2km-an, kalo mau tau pastinya silahkan dihitung sendiri, bisa via langsung, google map, dan semacamnya. He he
Terus adakah yang bertanya, terus di pasar malemnya ada apa aja??
Jawabannyaaa... aaadaaalaaaaaah....
Ada macem-macem  lincidthers.. yang ibu-ibu bisa beli panci-panci, alat masak dari wajan, kompor, gelas,piring,alat pengukus hingga cetakan kue ataupun pisau sayuran, hehehe.  Buat bapak-bapak, ada sarung,kopyah dari kopyah yang biasa aja sampe yang dipake sama penari laki-laki  yang muter-muter terus, tarian khas arab (cmiiw) apasih namanyaaa.. dan masih banyak yang lainnya.
Buat anak-anak, beuh.. itu surganya.. mau main? Banyak arena bermain yang tersedia disana, ada yang namanya dermolen, jinontrol, ombak  banyu, komedi putar, tong setan, dll. Saya gak tau juga sih apa arena yang terbaru, sejak smp kalo gak salah, saya berhenti untuk minta ortu buat nganter main di arena bermain dandhangan. Alasannya, selain udah gede, malu buat naik juga udah agak bosen dengan wahana yang gitu-gitu aja. then, banyak banget penjual mainan disana. hari rabu kemarin, salah satu saudara ngajak liat dandhangan, kita jalan dari deket pasar jember, melewati ratusan kios pedagang. Niatnya mau jalan sampe alun-alun, eh badan udah mau habis, gak gak gak kuaaatt. Hhaha
Di sepanjang jalan, antusiasme adik gue gede banget, dia menemukan banyaaak sekali mainan disana. Yaa seperti yang saya utarakan di atas, kalo dandhangan itu surganya anak-anak.
Dari kios mainan 10 ribuan, si adik belok. Lanjut di kios  mainan barbie dia belok lagi, di kios bonekaa.. hmm... apalagi. Harga bervariasi, dari 5ribuan sampe boneka yang segede kingkong berkisar antara 130 ribuan. Dari angry bird sampe shaun the sheep kita bisa temukan pernak perniknya,dari baju, boneka, mainan, semuanya ada.
Yang khas, yaitu kreweng, perkakas masak-masak dalam bentuk mini yang terbuat dari tanah liat. Ada yang warna asli(coklat), ijo,kuning,merah, bahkan pink  :D
Yang mau nyari baju? Sepatu? Tas? Sendal? Kerudung?  Sampe tiba-tiba kelaperan di tengah jalan, tenang aja, ada semua di dandhangan. Adapun makanan yang bisa kita temui ada martabak sayur, martabak bandung, tahu petis, molen, bakso sampe makanan khas betawi, kerak telur ikutan nongkrong disana. Beeuuhh.. jadi laper nih bahas makanan. Hehe
Ada yang seneng binatang?? Ada juga lho yang jual kelinci, hamster, kura-kura, bahkan semacam umang tapi digambar-gambarin gitu sama penjualnya. Kasihan binatangnyaa, cangkangnya digambarin :(
Saya jadi keinget coco sama jojo, kura2 saya yang belinya di dandhangan tapi sekarang udah gedee banget.
Anda lagi butuh hiasan rumah?? Ada tentuny, banyak sekali penjual yang menyulap gerabah menjadi barang yang nilai estetikanya tinggi, ada juga berbagai bunga palsu yang tak kalah cantik  menghias ruangan Anda.
Berbeda dari tahun sebelumnya, puncak dandhangan kali ini yaitu di adakannya festival dandhangan, diadakan pada hari kamis, 19 juni 2012, but once again, saya melewatkan moment ini karena gak ada temennya buat nonton, :(
Dari semua yang saya sebutkan, tentu hal penting yang harus dibawa adalah uang. Tapi jika tujuannya hanya cuci mata, it's okay jika hanya membawa diri, hehehe.
Saya ingatkan jangan membawa barang2 berharga Anda, saya dengar kemarin handphone dan dompet tetangga saya raib digondol copet. Waspadalah. Karena itu pula pada moment ini saya tidak mengabadikan gambarnya :(
Selain itu jaga sikap, karena banyak muda mudi yang nongkrong di sepanjang jalan. Himbauan juga buat mbak-mbak dan mas-mas yang cakep, untuk tidak melakukan hal yang belum halal (baca : gandengan tangan,pelukan) di tempat umum, maluuu di liatin oraaang.. peace :)
Wuuihh.. itulah sedikit cerita yang bikin tangan ku pegel  nulisnye tentang dandhangan. Sedikit aja udah pegel, tentunya akan lebih banyak cerita jika lincidthers datang langsung ke TKP. Jangan lupa ajak temen-temen biar rame. Sekedar info, malem ini  malem terakhir dandhangan. Tapi biasanya, di hari pertama puasa, setelah sholat subuh, biasanya warga sudah mulai memadati area dandhangan. Mari berkunjung ke Kudus, yang ketinggalan, insyaAllah bisa ngliat dandhangan tahun depan. Semangaaaattt!
Oh iya sekalian, dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, saya mengucapkan mohon maaf jika ada tulisan saya yang tidak berkenan di hati.
Sucikan hati di bulan yang suci.
Marhaban yaa ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1433 H untuk semua umat muslim di dunia.

Baca Juga :

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Beri komentar Anda untuk postingan saya yaa biar tambah cakep :D

Twitter Gue

Translate

Tanggal berapa?

Total Pageviews

wanna say hello? let's write here :)

instagram

Instagram

Followers

Entri Populer

About Me

My photo
Hanya gadis imut ciptaan Allah yang lincah, ga bisa diem, gokil sekaligus dekil, humoris tetapi bukan autis. kadang suka nglakuin hal konyol. just wanna make the world smile and dance, forget their unhappiness. let's smile :))

About this blog

hitstat

Blogger Indonesia

warung blogger

Warung Blogger

blinkblink

kursor

Cheering Line Smiley

twitter

+1

Powered by Blogger.