Kala pulang kampung menjadi sebuah keseringan

SUGENG RAWUH

Super Favorite

“Dan Allah menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan, dan Dia mengampuni kamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al Hadid : 28)

Thursday, February 16, 2012

Find a new route

jalan tol


Betapa senang dan gembiranya saya menulis tulisan ini. Betapa girangnya saya. Dan betapa bertambah gilanya saya, senyam senyum sendiri deh ini.
Selasa, 14 Februari 2012. Kalo yang lain(mungkin) pada berlomba-lomba buat nemuin pujaan hatinya di hari itu, yang banyak orang bilang hari valentine, entahlah.  Saya juga gak mau kalah. Bukannya ikut-ikutan.  Tapi bagi saya ini adalah hal yang berbeda dari kebanyakan orang. menemukan rute perjalanan yang baru, hehehe.
Well, di tanggal tersebut saya pulang ke Kudus. Saat di kampus, salah satu temanku yang juga dari Kudus nanya-nanya tentang perjalananku semarang-kudus. Setelah ku cerita, bla bla bla.. dia menyarankan untuk beranjak dari upaya pembodohan diriku sendiri selama ini. Hahaha
Dia berkata, “ohh.. jadi selama ini kamu naik bus kota ya? Wahh pasti lama banget. Kenapa gak naik bus jurusan solo aja. Lewat tol lhoo.. malah lebih cepet. Dari sukun sampai terboyo kasih aja Rp. 3000, tapi kalo kamu ngasih Rp.5000 juga gakpapa. Tapi gak dapet kembalian. Ahaha”

Masih juga kuingat pesan temanku yang lain, kalo naik bus lewat tol, turunnya di depan ADA aja Lin, kenapa?? Karena dia sudah pernah dicegat sama petugas jasa marga gara-gara turun di tol tembalang. Betapa lucunya dia, saat siang hari kita kuliah, dengan lesu dia bilang habis ditilang. Setelah kita usut, ternyata bukan ditilang, hanya saja diingatkan kalau tidak boleh jalan-jalan di jalan tol J.
Dan ku ikuti sarannya. Sebenarnya udah tahu tentang hal itu. Tapi gara-gara tiap pulang gak ada temennya, aku malas buat bereksperimen. Takut kalo nanti salah lah, takut kalo nanti di culiklah(pertanyaannya : emang ada yang mau nyulik??), intinya takut kalo kenapa-napa. Apalagi dengan kondisiku yang sendirian.
Sejenak ku teringat dengan pengalaman pertamaku naik bus. Jujur, saya itu anak rumahan. Kalo pergi juga seringnya sama bapak, kalo enggak sama kakak, kalo enggak lagi juga sama sepupu. Dan saat seleksi penerimaan maba, saya dihadapkan pada kondisi bahwa orangtua saya berhalangan untuk mengantar. Karena kakak saya juga sudah kuliah di semarang, dilimpahkanlah saya ke kakakku. Daan akhirnya saya harus naik bus semarang-kudus sendirian.
Sebelum saya berangkat, sempat kedua orang tua saya meragukan. Nih anak berani gak naik bus sendirian. Haha. Dibilangin,

kalo nanti nyasar tanya aja sama pak polisi, apa pak tukang becak.
 Lalu ku jawab,
nah kalo ternyata gak ada pos polisi ataupun tukang becak gimana?
Bapak menjawab,
 ya nelfon bapak ibu too
Ku balas lagi,
naah.. kalo pas nyasar tiba-tiba hp ku mati?-____-
(memang hp ku itu kadang suka mati-mati sendiri padahal baterai penuh)
Bapak mengakhiri percakapan kami,
 kalau begitu berdoalah pada Allah swt
 :D
Selain itu, seringlah saya disindir-sindir mulu, karena kecupuan saya yang jadi anak rumahan sejati J . Ngiri sih, kalo ada temen SMA yang  udah berani melakukan perjalanan liburan ke luar kota sendiri. Sempat dulu mau ke semarang nyusul mbak, eh ga di bolehin sama ibu. Yaudaah.. ditambah lagi saat itu lagi gencar-gencarnya pemberitaan NII. Waah.. saya yang dianggap ortu masih anak kecil pun semakin menjadi. Beliau berdua sangat khawatir. Dan akhirnya diantarkanlah saya oleh bapak ke terminal. Naik bus, langsung sms bapak ibu mbak. Ibu sama bapak membalas
Iya. hati-hati dijalan
Nah beda sama mbak, si mbak malah bilang,
Iyaa.. ati-ati.. jangan ngalamun, awas nanti diculik NII.
lalu ku balas 
Iyaa.. ini aku dzikir terus , hahaha
Well, di sepanjang  jalan berusaha menikmati pengalaman baru itu. Dag dig dug naik bus pun kurasakan. Berdzikir terus, takut gara-gara di sinetron-sinetron banyak kejahatan di bus. Hahaha, dan hari itu menjadi awal kebiasaan saya naik bus tiap pulkam J
Back to the topic, naah.. sore itu saya bergegas menuju sukun, tempat dimana bus-bus berhenti(sejenak). Kulihat ada tulisan terpampang di kaca bertuliskan “SOLO-SEMARANG(Biasa)”entah apa arti tulisan biasa itu, mungkin ada juga bus luar biasa juga kali yaa. absurd banget ahh. lalu naiklah diriku di bus itu. Dan duduklah aku dibangku paling depan. Saat mas-mas kondektur menarik ongkos bus, ku berikan uang Rp.5000 ku sambil berkata
 terboyo pak
Kemudian si kondektur menjawab,
 wah mbak, gak lewat terboyo kok(sambil nyodorin duit Rp.3000)
Langsung aku kaget,cengo dan melototin sang kondektur tersebut dan berkata,
APPPAAAAAA....?????
Hahaha, gak ding. itu mah yang di sinetron :p
 Aku berkata
wahh pak, beneran? Lha terus? Mosok ga lewat terboyo?
Beliau menjawab
tanya pak sopirnya tuh lho mbak
Dan langsung kutanyakan dan ternyata bapak sopir bilang nanti lewat. masyaAllah.. mas kondekturnya bikin deg-degan! Udah kayak orang ilang, eh dikerjain.
And  finally, hanya dengan waktu sekitar 30 menit sampailah di Terminal Terboyo.  Waktu yang 2x lebih efektif dan efisien ketimbang naik pake bus kota. selain itu saya pun merasa beruntung, kalo teman saya bayar Rp.3000 saya cukup bayar Rp. 2000. hahahaha(gak penting).

Baca Juga :

5 comments:

  1. woooo.... naikk bus jurusan kuu donxx.. wkwkwkwk
    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sob. kalo gak turun nyampe deh ke Solo menemui dikaau :D

      Delete
  2. enak mbk bisa naik bis S****I.. AC lagim, nek aku bis kota yg super HOT!! tp bayar Rp 1500. sakjane sekolah ku di tembalang,,, dadine nek pulkan gak naik bis kota :D

    ReplyDelete

Beri komentar Anda untuk postingan saya yaa biar tambah cakep :D

Twitter Gue

Translate

Tanggal berapa?

Total Pageviews

wanna say hello? let's write here :)

instagram

Instagram

Followers

Entri Populer

About Me

My photo
Hanya gadis imut ciptaan Allah yang lincah, ga bisa diem, gokil sekaligus dekil, humoris tetapi bukan autis. kadang suka nglakuin hal konyol. just wanna make the world smile and dance, forget their unhappiness. let's smile :))

About this blog

hitstat

Blogger Indonesia

warung blogger

Warung Blogger

blinkblink

kursor

Cheering Line Smiley

twitter

+1

Powered by Blogger.