Kala pulang kampung menjadi sebuah keseringan

SUGENG RAWUH

Super Favorite

“Dan Allah menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan, dan Dia mengampuni kamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al Hadid : 28)

Monday, August 5, 2013

Aplikasi WeChat ~ The New Way to Connect

Bagi para pengguna ponsel android, aplikasi wechat ini bukan merupakan sesuatu yang baru. Dengan menggaet Lionel Messi, pesepak bola asal Argentina dalam iklan internasionalnya, aplikasi ponsel android ini cukup menarik minat masyarakat dunia untuk menjadi user wechat.




Namun menurut saya, di Indonesia aplikasi ini kalah saing dengan aplikasi pertemanan serupa seperti Whatsapp, Line dan KakaoTalk. Awalnya saya menggunakan aplikasi ini hanya sekedar mengikuti mainstream yang sudah ada, lama kelamaan saya bosan dan cenderung jarang menggunakan aplikasi ini. Seorang teman saya, pecinta chatting, tetap setia menggunakan wechat. Lantas saya tanyakan apa yang membuatnya bertahan? ternyata wechat menyajikan fiture yang cukup menarik dan belum saya ketahui pastinya.
Dari sisi saya, menariknya dari aplikasi ini adalah kita diberikan sarana untuk mengenal people from another country. Jika biasanya aplikasi pertemanan serupa menyediakan fasilitas chatting dengan teman, keluarga atau bahkan kolega yang sudah kita kenal, wechat menawarkan pertemanan dengan orang yang belum kita kenal, baik dalam negeri maupun mancanegara.
Terdengar kurang kerjaan memang mengikuti aplikasi jejaring sosial ini, namun saya ambil positifnya saja. Jujur saya prefer menjalin pertemanan dengan orang asing dari mancanegara. Alasannya agar saat saya sedang chatting,  it’s not only wasting my time but it will be more valueable experience.
Ya, hanya dengan modal bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang mancanegara. Saya rasa ini akan melatih skill berbahasa inggris saya tentunya.
Okay, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana fitur pada wechat ini bisa mempertemukan Anda dengan beberapa teman di belahan dunia lain sana bahkan. 

1. Drift Bottle
tampilan drift bottle
Pada drift bottle kita diajak untuk bermain botol di laut. Kita bisa pilih
a.       Throw (melempar botol ke laut, botol dapat berisi text atau pesan suara, lalu menunggu seseorang mengambil botol yang kita lempar tersebut. Biasanya tidak ada yang mengambil botol kita jika pesan yang kita kirim dalam botol dirasa tidak menarik bagi penemu botol).
b.      Pick (mengambil botol orang lain dengan cara mencarinya di laut, lampu mercusuar akan membantu Anda mencari botol yang sudah seseorang lempar, jika sudah menemukan dan dirasa Anda ingin menjalin pertemanan dengannya, just replay it ).
c.       My bottles, berisi kumpulan botol-botol yang sudah kita temukan atau history percakapan kita dengan teman via drift bottle.
Sekedar informasi, pencarian pertemanan ini bersifat random. Berbagai negara pengguna wechat dapat ditemukan disini. Berdasarkan pengalaman, akan sering ditemukan pengguna dari negara India, Malaysia, Indonesia, Filiphina, Arab Saudi, Turki, dll. Ketika chatting via drift bottle nama pengguna tidak terlihat. Hanya asal negara saja, misal from Indonesia, from India, dll.  Jadi, pertemanan akan dimulai dari sangat awal, seperti menanyakan nama, usia, asal, dll. Jika cocok, kita bisa melanjutkan pertemanan dengan melakukan add akun wechat masing-masing.
Langkah-langkah menggunakann, setelah download wechat, buka Setting >> Features >> Drift Bottle  >> Enable .
Terlihat lucu dan seru memang rasanya aplikasi ini mempertemukan kita dengan teman dari berbagai negara hanya dengan bermain botol. 

2. Shake
tampilan shake
Jika pada drift bottle kita bermain botol, sekarang fitur aplikasi ini menyajikan hal yang cukup lucu lagi bagi saya untuk menjalin pertemanan. Hanya dengan melakukan shaking atau mengkocok ponsel kita, kita akan langsung dipertemukan dengan teman dari berbagai negara yang juga atau bersamaan melakukan shake pada ponselnya. Selanjutnya wechat akan memperlihatkan list orang yang secara bersamaan melakukan shaking pada waktu itu. Jika berminat, just send him/ her message lalu melakukan add akun wechat masing-masing.
Langkah menggunakan fitur ini, setelah download wechat, buka Setting >> Features >> Shake >> Enable .

3. Look Around
tampilan look around
Kali ini, saya kurang tertarik dengan fitur yang satu ini.  Senada dengan penamaan fitur ini, Wechat akan menampilkan list orang-orang pengguna wechat yang berada di sekitar kita. Bisa jadi hanya beberapa meter posisinya dari kita bahkan. Sama halnya dengan fitur-fitur sebelumnya, jika cocok kita bisa melanjutkan pertemanan melakukan add akun wechat masing-masing.
Langkah menggunakan fitur ini, setelah download wechat, buka Setting >> Features >> Look Around >> Enable.
 
Itulah beberapa fitur yang bisa saya jelaskan, agak lucu bagi saya dengan sistem mempertemukan teman dengan fitur-fitur diatas, terasa sangat random dan kebetulan.
Saya sudah menemukan beberapa teman akrab dari India, Malaysia, Turki, Arab Saudi, dan Iraq. Mereka sangat ramah. Saya rasa pencarian teman dengan fitur-fitur diatas akan sering ditemukan user dari India, mungkin negara inilah yang mempunyai user terbanyak, tapi saya tak tahu pastinya. Dari mereka, saya lebih bisa menyalurkan kemampuan saya berbahasa inggris, plusnya saya jadi lebih tahu kebudayaan negara mereka, ilmu-ilmu baru, watak-watak baru, dan pastinya pengalaman baru.
Namun kewaspadaan dan selektifitas harus tetap dikedepankan mengingat tak semuanya pengguna baik.  Oh ya sekedar mengingatkan, walaupun chatting terkadang hanya dianggap hal yang main-main, namun alangkah bijaknya kita sebagai muslim menjaga lisan dan tindak laku kita dimanapun kita berada meskipun hanya di dunia maya. Mari perlihatkan bahwa muslim itu ramah dan mencintai perdamaian. Jadilah agen muslim yang baik dimanapun kita berada :).
Selamat mencoba!


-Lina Irawati-


Baca Juga :

1 comment:

  1. I would like to thank you for the efforts you have put in writing this website.

    I'm hoping to see the same high-grade blog posts from you later on
    as well. In truth, your creative writing abilities has
    inspired me to get my own, personal website now ;)

    Feel free to visit my homepage: body revolution review [support.sehabitat.com]

    ReplyDelete

Beri komentar Anda untuk postingan saya yaa biar tambah cakep :D

Twitter Gue

Translate

Tanggal berapa?

Total Pageviews

wanna say hello? let's write here :)

instagram

Instagram

Followers

Entri Populer

About Me

My photo
Hanya gadis imut ciptaan Allah yang lincah, ga bisa diem, gokil sekaligus dekil, humoris tetapi bukan autis. kadang suka nglakuin hal konyol. just wanna make the world smile and dance, forget their unhappiness. let's smile :))

About this blog

hitstat

Blogger Indonesia

warung blogger

Warung Blogger

blinkblink

kursor

Cheering Line Smiley

twitter

+1

Powered by Blogger.