Kala pulang kampung menjadi sebuah keseringan

SUGENG RAWUH

Super Favorite

“Dan Allah menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan, dan Dia mengampuni kamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al Hadid : 28)

Monday, September 28, 2009

4 pengembara cilik

Gak kerasa uda nginjakin lebaran yang ke -16 dalam hidupku.. Alhamdulillah ya Allah Engkau masih memberi aku umur panjang sampai detik ini. tadi malem mpe tadi pagi dengerin suara takbir yang dikumandangkan di setiap rumahMu mengingatkanku akan kenangan masa kecilku yang menggelitik sekaligus tak dapat ku lupakan tiap mendengar suara takbir kemenangan..
Waktu itu, aku masih seorang siswi SD yang mencoba mencari- cari pengalaman di masaku menuju dewasa. Sepulang sholat maghrib di musholla yang cukup dekat dari rumahku, bersama dengan kawan-kawan seperjuanganku, mbak Nurul, Efi dan tara, aku berniat ikut takbiran keliling (arak-arakan)berharap hal baru dapat kami rasakan. Awalnya kami ingin ikut takbiran keliling bersama dengan pemuda musholla dimana kami sholat maghrib tadi, namun sepertinya musholla tersebut hanya mengumandangkan takbir dengan speaker di musholla saja. Kami fikir takbir keliling hanya di laksanakan di masjid-masjid saja. Kemudian muncullah pemikiran dari Tara..
Tara ; wah, mushollanya gak ngadain takbiran keliling nih, gimana nih enaknya?
Aku ; iya ya.. gimana enaknya? Gak mungkin kan kita takbiran ma anak- anak cowok disini? Kan Cuma kita yang cewek
Mbak Nurul ; mending kita ikut takbiran keliling masjid yang di selatan itu, kayaknya ada dech..
Efi ; iya.. mending kita ikut masjid itu aja, daripada di rumah.. sekali kali malam takbiran ikut takbiran keliling gitu..
Tara ; ah kau itu sukanya nglayap siy…….
Hhahahaha, kami semuanya pun tertawa
Akhirnya kami pun memutuskan untuk ngikut di kelompok masjid. Namun kami tak lekas menuju masjid, tapi kami menunggu di gang menuju musholla, karena takbiran kelilingnya pasti akan lewat daerah itu. Daripada nanti kami kembali ke daerah itu lagi, lebih baik kami menunggu saja, pikir kami.
Tak lama kami menunggu, arak- arakan yang begitu terang bercahaya mulai terlihat di ujung jalan. Kami pun senang dan semakin semangat. Anak- anak yang membawa lentera dan berbagai kerajinan seperti miniature masjid, unta, dll semakin dekat dengan kami. Kami pun bergegas masuk ke barisan orang-orang tersebut. Berjalan sambil mengumandangkan asma Allah di malam takbiran. Hal ini sekaligus menjadi satu pengalaman baru bagi kami. Dimana setiap malam takbiran, kami hanya berdiam diri di rumah atau bermain kembang api bersama keluarga. Tahun ini, kami ingin sesuatu yang beda. Tak terasa kami sudah cukup jauh dari desa kami.
Tara ; woey, berhentu bentar deh. kita ini uda jauh dari desa kita. Aku takut kalo nanti kita nyasar. Aku gak tau jalan ini lho.
Efi ; halah nanggung ah, lanjutke wae.. gapapa kog, nanti juga bakal balik ke desa kita lagi..
Dan kami melanjutkan perjalanan meskipun dalam hati, Tara ingin pulang.
Walhasil, sampailah kami di sebuah masjid besar yang kami tak tau pasti. Kemudian kami bertanya kepada seorang yang sejak dari tadi ada di depan kami,,
Aku ; mbak mbak,, ini takbiran keliling desa mana ya???
(bertanya dengan seribu Tanya dan ekspresi H2S(harap2 Cemas, hhe))
Orang ; ini masjid desa
(gubraaaaaxxxxxxx……………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! )
Ternyata feeling Tara benar!! Ada yang aneh yang ia rasakan, ternyata kami salah rombongan, hhaaha. Tapi perjuangan kami belum usai, kami harus mencari jalan pulang.
Mbak Nurul ; aduh Lin,, gimana nih?? Aku gak tau jalan pulangnya nih.. nanti kalo gak bisa pulang gmana?
Tara ; tu kan. Apa aku bilang tadi.. ?? Efi sih. !! (sambil mendorong pundak Efi dengan kesal )
Efi ; lho kok jadi nyalahin aku sih ???
Aku ; udah.. udah.. jangan berantem……………… mending cari jalan pulangnya nih lewat mana?????
Setelah kami berputar arah kembali menelusuri jalan yang kami lewati tadi,, akhirnya ada ide yang muncul di kepalaku. Hhohoho
Aku ; eh tunggu bentar deh ( sambil menghentikan langkah) kayaknya aku pernah lewat jalan ini. tadi sore.. iyya tadi sore!(dengan cengar cengir kaga jelas yang justru bikin wajah temen2ku jadi mupeng oalah.. )
Mbak Nurul ; kamu tau jalan ini Lin ??
Aku ; iyya.. tadi sore aku diajak ibuku potong di daerah ini, di rumahnya temen SMP nya ibu ah.. mana ya rumahnya??(clingak- clinguk kaya orange bolang,(emang bocah ilang. ))
Tara ; o kamu potong rambut di daerah sini ya ? pantesan kug bagus, hhehe ( ah,, pertanyaannya gak sesuai dengan sikon tar.. ;?)
Efi ; loh.. kog malah nyari rumahnya temennya ibumu.. ???
Aku ; udah deh. Nanti kalo aku uda tau rumahnya mungkin aku bisa inget jalannya. Seingatku, habis dari rumah tante itu tuh (ga tau namaya, hhaha ;P)jalannya belok kanan langsung luruuuuuuuuussssssssssssss…….. terus. Habis itu nyampe jalan raya deh.
Tara ; eh, kayaknya tadi lewat sini deh.
Aku ; yauda.. ayo jalan………
Bla bla bla bla bla.. akhirnya ketemu juga rumah tu tante..
Aku ; nah………… itu rumahnya ! ayo belok kanaaaaaaannnnnnnnnn..
Kemudian kami pun pulang nyampe umah di rumah, aku di sambut oleh bapak, ibu, kakak dan saudara2ku yang lagi asyik ngumpul2. Walhasil, aku ditanya ma saudara ku..
Saudaraku ; loh Lin, kok lagi pulang?? Ikut takbiran keliling ya? Emangnya daerah sini ada???
Aku ; hhehehe gak ada (nyengir gak jelas).
Kakakku ; katanya tadi pergi ikut takbiran.. hayo.. nglayap kemana kamu?
Aku ; ya Allah mbak,, tadi tu tak kira masjid di selatan itu ngadain takbiran keliling. Tapi ternyata aku salah ikut takbiran.. tadi ya jadinya nyasar ke desanya temen ibu yang tadi motong rambutku itu loh.. untung aja aku inget jalan pulang kalo enggak mana bisa aku nyampe sini ?? hah……..capek aku!!! Muter2 ngelilingin desa yang aku gak tau
Kakakku : ahahahahaha…… kamu itu lho aneh2..
Aku ; ye. Malah pada ketawa!! Tau gak, tadi itu aku takut banget kalo gak bisa pulang rasanya dag dig dur deeerrrr di jalan. Nanti kalo ada yang nyulik gimana?
Kakakku ; alah mana ada penculik yang mau nyulik kamu?? Hhahaha
Aku ; arrrrggghhh. Karepmulah!!
Semuanya pun pada ngetawain aku. Dan peristiwa yang menggelitikku ini selalu teringat di pikiranku ketika takbir kemenangan berkumandang.. hhahahahahahaha rasanya pengen ketawa sendiri. Wkwkwkwkwk

Baca Juga :

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Beri komentar Anda untuk postingan saya yaa biar tambah cakep :D

Twitter Gue

Translate

Tanggal berapa?

Total Pageviews

wanna say hello? let's write here :)

instagram

Instagram

Followers

Entri Populer

About Me

My photo
Hanya gadis imut ciptaan Allah yang lincah, ga bisa diem, gokil sekaligus dekil, humoris tetapi bukan autis. kadang suka nglakuin hal konyol. just wanna make the world smile and dance, forget their unhappiness. let's smile :))

About this blog

hitstat

Blogger Indonesia

warung blogger

Warung Blogger

blinkblink

kursor

Cheering Line Smiley

twitter

+1

Powered by Blogger.